Jasa - Kamus Hukum

Apa pengertian dan definisi Jasa? Kamus Hukum Indonesia.

Definisi (1):

Jasa adalah kegiatan Pemerintah Daerah berupa usaha dan pelayanan yang menyebabkan barang, fasilitas, atau kemanfaatan lainnya yang dapat dinikmati oleh orang pribadi atau Badan.

Referensi: Pasal 1 Angka 65 - UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak dan Retribusi Daerah


Definisi (2):

Jasa adalah semua kegiatan usaha dan pemberian pelayanan berdasarkan suatu perikatan atau perbuatan hukum yang menyebabkan suatu barang, fasilitas, atau hak tersedia untuk dipakai;

Referensi: Pasal 1 Huruf e  - UU Nomor 8 Tahun 1983 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang Dan Jasa Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)


Definisi (3):

Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak mengakibatkan kepemilikan sesuatu. Produksi jasa bisa berkaitan dengan produk fisik atau sebaliknya.

Referensi: Menurut Phillip Kotler (Lupiyoadi 2006 : 6)


Definisi (4):

Jasa adalah pemberian suatu kinerja atau tindakan tidak kasat mata dari suatu pihak ke pihak lain. Pada umumnya jasa diproduksi dan dikonsumsikan secara bersamaan sehingga interaksi antara pemberi dengan penerima jasa saling mempengaruhi hasil jasa tersebut.

Referensi: Menurut Rangkuti (2006 : 26)


Definisi (5):

Jasa adalah suatu aktivitas atau runtutan aktivitas yang terjadi dalam interaksi dengan seseorang atau mesin untuk menyediakan kepuasan konsumen.

Referensi: Menurut Lehtien (1983)

---
Itulah pengertian dan definisi Jasa dari berbagai sumber - Kamus Hukum Indonesia. Courtesy of Cekhukum.com.